Latihan Soal Bahasa Indonesia (9) - Memahami Bacaan Tajuk Rencana dan Mengidentifikasi Opini Penulis

Latihan soal bahasa Indonesia : cara memahami bacaan tajuk rencana dan opini penulis


Cermati teks berikut

Amerika Serikat dan Rusia Mesti Menahan Diri Hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Rusia dan berkategori membahayakan. AS dan Rusia memiliki pandangan yang berseberangan tentang konflik di Suriah, khususnya cara memberantas Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Rusia berpendapat pemerintahan Suriah yang sekarang perlu diperkuat agar mampu melawan ISIS. AS justru melihat pergantian pimpinan negara di Suriah sebagai solusi menghadapi ISIS.

Banyak pihak menganalisis keterlibatan AS dan Rusia tidak semata-mata ingin memberantas ISIS. Ada kepentingan yang besar dari kedua negara tersebut sehingga mau terlibat. Timur Tengah memang sangat menarik dan selalu menggoda karena memiliki kekayaan minyak yang melimpah.

Potensi militer kedua negara yang berseteru (AS-Rusia) sangat berbahaya bagi dunia. Jika terjadi konflik bersenjata, perang dapat dengan segera meluas. Apalagi jika kedua negara terpancing menggunakan nuklir, dunia bakal hancur. Kestabilan dunia internasional tidak lepas dari hubungan AS dan Rusia bersama sekutunya. Kepentingan ekonomi merupakan faktor utama dalam menentukan arah hubungan antarnegara dan antarkawasan. Untuk itu, AS dan Rusia diharapkan dapat menahan diri dan mengedepankan jalur diplomasi dalam menyelesaikan konflik yang muncul. Oleh karena itu, PBB harus menghapus keistimewaan negara tertentu di badan dunia tersebut.

1. Pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ....

A. AS dan Rusia

B. Suriah

C. ISIS

D. sekutu AS dan Rusia

E. warga dunia

2. Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...

A. Suriah harus memperkuat pemerintahannya melawan ISIS.

B. AS dan Rusia diharap mengedepankan jalur diplomasi.

C. Suriah harus melakukan pergantian pimpinan menghadapi ISIS.

D. Rusia jangan terpancing menggunakan nuklir untuk konflik ini.

E. Suriah diharap mampu mengelola baik kekayaan minyaknya.

Pembahasan

Nomor 1

Tajuk rencana adalah artikel dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana biasanya diungkapkan informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi kepada pembaca.

Opini pada tajuk rencana berisi tentang sesuatu yang berlaku pada masa depan sehingga kebenaran atau kesalahannya tidak dapat ditentukan secara langsung. Kalimat Untuk itu, diharapkan AS dan Rusia bisa menahan diri dan mengedepankan jalur diplomasi dalam menyelesaikan konflik yang muncul yang terdapat pada paragraf terakhir teks tersebut. Kalimat tersebut menggambarkan opini penulis tentang harapan mengenai konflik antara AS dengan Rusia.

Pilihan jawaban B, C, D, E bukanlah pihak yang dituju karena yang terlebih dahulu mampu menyelesaikan konflik adalah masing-masing negara yang berseteru tersebut, bukan sekutunya, Suriah, ISIS, atau warga dunia.

Jawaban: A

Nomor 2

Opini penulis dalam tajuk rencana tersebut terletak pada bagian akhirnya. Opini penulis pada tajuk rencana tersebut berisi harapan agar AS dan Rusia bisa menahan diri dan mengedepankan jalur diplomasi dalam menyelesaikan konflik yang muncul. Kalimat tersebut membenarkan pilihan jawaban B.Pilihan A, C, D, dan E merupakan bentuk kalimat opini, tetapi isinya bukan harapan penulis.

Jawaban: B



LihatTutupKomentar