Latihan Soal Bahasa Indonesia (13) - Mengidentifikasi Latar Cerita dalam suatu Karya Sastra

Contoh soal dan pembahasan bahasa Indonesia - mengidentifkasi latar cerita dalam suatu karya sastra

Perhatikan teks berikut!

Sepasang mata milik seorang gadis cilik tampak khusyuk mengamati sekeliling ruangan putih bersih itu. Berpindah-pindah dari monitor dengan angka-angka yang tidak dia mengerti, yang selalu mengeluarkan bunyi teratur itu, ke selang-selang panjang dengan cairan bening yang mengalir dan bermuara ke pergelangan tangan satu sosok yang terbaring di ranjang. Seseorang yang begitu dicintainya. Kerabat satu-satunya...

(Asma Nadia, Rumah Tanpa Jendela, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, Januari 2011)

Latar dalam cerita tersebut adalah ….

A. UKS

B. laboratorum

C. rumah sakit

D. PMI

E. ruang bedah

Pembahasan

Latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa-peristiwa dalam suatu karya sastra. Latar dibagi menjadi tiga, yaitu latar waktu, tempat, dan suasana. 

Latar waktu adalah keterangan tentang kapan peristiwa dalam cerita tersebut terjadi. Latar tempat adalah keterangan lokasi peristiwa dalam cerita itu terjadi. Latar suasana menggambarkan suasana peristiwa yang terjadi. Misalnya: suasana gembira, sedih atau romantis.

Latar tempat pada teks tersebut diungkapkan secara tersirat (tidak langsung). Namun, dari ciri-ciri yang diungkapkan memberi tahu bahwa latar tempat cerita tersebut adalah rumah sakit. Ruangan putih, monitor, selang (infus), dan ada orang yang terbaring lemah. Kata-kata tersebut berupa petunjuk yang menjelaskan latar. 

Laboratorium bukanlah tempat yang lazim untuk membaringkan orang yang lemah. UKS biasanya tidak memiliki alat sekomplit (monitor dan selang infus) seperti dalam cerita tersebut. Walaupun ruang bedah ada di dalam rumah sakit, biasanya ruang tersebut tidak ditunggui oleh orang lain, selain tim dokter dan pasiennya. PMI biasanya tidak untuk pasien yang sakit. Dalam cerita itu dijelaskan ada monitor dan selang dengan cairan terhubung dipergelangan tangan seseorang yang terbaring.

Jawaban: C


LihatTutupKomentar