Latihan Soal Bahasa Indonesia (12) - Cara mengidentifikasi Latar Suasana Pada Cerita Novel atau Cerpen

Contoh dan soal pembahasan mengenai cara mengidentifikasi latar suasana pada suatu cerita novel/cerpen

Perhatikan teks berikut!

(1) Sewaktu raja mencari Puteri Kuning, tidak ada yang tahu ke mana puteri itu pergi dan kakak-kakaknya pun diam seribu bahasa. (2) Raja sangat marah lalu berteriak, “ Hai para pengawal! Cari dan temukanlah Puteri Kuning!”. (3) Berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan tak ada yang berhasil menemukannya. (4) Raja sangat sedih dan berkata dalam hatinya, ”Aku ini ayah yang buruk. Kalau begitu, biarlah anak-anakku kukirim ke tempat yang jauh untuk belajar dan mengasah budi pekerti” (5) Maka, ia pun menyekolahkan puteri-puterinya di negeri yang jauh. (6) Raja sendiri sering termenung di taman istana, sedih memikirkan Puteri Kuning yang hilang tak berbekas.

Pernyataan yang membuktikan latar suasana menegangkan terdapat dalam kalimat bernomor ….

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (4)

D. (4) dan (5)

E. (5) dan (6)

Pembahasan

Latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa-peristiwa di dalam suatu karya sastra. Latar dibagi menjadi tiga, yaitu latar waktu, tempat, dan suasana. Latar waktu adalah keterangan waktu terjadinya peristiwa dalam cerita. Latar tempat adalah keterangan lokasi peristiwa dalam cerita. Latar suasana menggambarkan suasana peristiwa yang terjadi.

Latar menegangkan pada cerita tersebut ditandai dengan nomor (1) dan (2) karena kutipan (1) dan (2) menggambarkan situasi raja yang cemas kehilangan puterinya. Diperjelas dalam kalimat tersebut ada kutipan peristiwa kakak-kakaknya diam seribu bahasa dan raja berteriak. Kalimat nomor (3) adalah keterangan lamanya waktu pencarian, tidak merupakan latar suasana yang menegangkaan. Kalimat (4), (5) dan (6) menunjukkan suasana yang menyedihkan.

Jawaban: A

LihatTutupKomentar