Latihan Soal Bahasa Indonesia (11) - Teknik Pengungkapan Watak Tokoh Pada suatu Bacaan

Cara mengungkapkan watak tokoh pada suatu bacaan

 


Perhatikan teks berikut

N.A. Muslimah Hafsari Hamid binti K.A. Abdul Hamid atau kami memanggilnya Bu Mus hanya memiliki selembar ijazah Sekolah Kepandaian Putri (SKP). Namun, beliau bertekad melanjutkan cita-cita ayahnya, K.A. Abdul Hamid, sebagai pelopor sekolah Muhammadiyah di Belitong untuk terus mengobarkan pendidikan Islam. Tekad itu memberinya kesulitan hidup tidak terkira karena Sekolah Muhamadiyah kekurangan guru. Lagi pula, siapa yang rela diupah beras 15 kilogram setiap bulan? Selama enam tahun di SD Muhammadiyah, beliau mengajar semua mata pelajaran, mulai dari Menulis Indah, Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, Ilmu Bumi, sampai dengan Matematika, Geografi, Prakarya, dan Praktik Olahraga. Setelah seharian mengajar, beliau bekerja menerima jahitan sampai larut malam untuk mencari nafkah dan menopang hidup dirinya dan adik-adiknya.

Watak pekerja keras yang dimiliki Bu Mus digambarkan melalui….

A. dialog tokoh

B. tanggapan tokoh lain

C. keadaan sekitar tokoh

D. pikiran tokoh

E. uraian langsung pengarang

Pembahasan

Teknik pengungkapan watak tokoh ada dua jenis, yaitu analitik (langsung) dan dramatik (tidak langsung). Analitik adalah penggambaran watak tokoh yang dituliskan langsung oleh pengarang sehingga pembaca tidak perlu menafsirkannya sendiri. Dramatik adalah pengungkapan watak tokoh dengan cara tidak langsung. Pembaca perlu menafsirkan sendiri agar mengetahui watak-watak tokoh yang ada dalam cerita. Hal tersebut dapat melalui dialog tokoh, tangggapan tokoh lain, pikiran tokoh, keadaan sekitar tokoh, atau tindakan tokoh. 

Watak tokoh Bu Mus digambarkan melalui tanggapan tokoh lain, bagaimana tokoh aku (kami) menilai seorang Bu Mus. Dalam penggalan cerita di atas ada kata ganti ‘kami’ (salah satu tokoh yang menceritakan Bu Mus) dan ada kata ganti ‘beliau’. Jika diceritakan secara langsung, pengarang tidak menggunakan kata ganti ‘kami’.

Keadaan tokoh, pikiran tokoh, dan dialog tokoh tidak digambarkan dalam penggalan novel tersebut.

Jawaban: B


LihatTutupKomentar