Latihan Soal Bahasa Indonesia (10) - Membandingkan dan Mencari Kesamaan dari Dua Teks Berita

Latihan soal Bahasa Indonesia mencari persamaan dua teks berita


Cermati teks berikut ini!

Teks 1

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, menjadi pembicara di hadapan ratusan peserta Bela Negara dalam acara Sarasehan Nasional Empat Pilar MPR. Dalam kesempatan ini, Zulkifli mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga nilai-nilai luhur keindonesiaan, termasuk berperan aktif dalam mempertahankan negara dari berbagai ancaman. Hal ini disampaikan Zulkifli saat memberi sambutan Sosialisasi Empat Pilar MPR dalam acara Sarasehan Nasional Empat Pilar MPR dan Kesadaran Bela Negara di Gedung Nusantara V MPR, Jakarta, Senin, 5 September 2016.

(http://news.detik.com 5 september 2016 dengan pengubahan)


Teks 2

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, mendorong adanya pembentukan karakter lewat program bela negara. Menurut Zulkifli, bela negara dalam arti luas berarti menjaga keutuhan bangsa dari berbagai ancaman yang dapat memecah-belah persatuan. Adapun bentuk bela negara dapat diwujudkan dengan cara yang beragam, seperti menjaga persatuan, persaudaraan, dan toleransi di tengah keberagaman. ”Penting sekali membangun karakter bangsa untuk mengenali siapa kita dan bagaimana nilai-nilai luhur keindonesiaan kita,” ujar Zulkifli di Gedung Nusantara V, Kompleks MPR DPR RI, Jakarta.

(http://www.republika.co.id 5 september 2016 dengan pengubahan)

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah …

A. menyosialisasikan empat pilar MPR RI dan kesadaran bela negara

B. membahas pentingnya nilai-nilai luhur keindonesiaan dalam bela negara

C. menguraikan pembentukan karakter bangsa melalui program bela negara

D. membahas pentingnya menjaga persaudaraanuntuk menghadapi ancaman

E. menguraikan program bela negara yang diusung oleh MPR RI

Pembahasan

Untuk mengetahui perbedaan dan kesamaan beberapa teks dapat digunakan metode membaca ekstensif, yaitu program membaca yang dilakukan secara luas, baik jenis maupun ragam teksnya. Tujuannya adalah untuk memahami isi yang penting dari bahan bacaan dalam waktu singkat.

Teks 1 dan teks 2 membahas nilai-nilai luhur keindonesiaan yang ada dalam bela negara. Oleh karena itu, pilihan jawaban yang B benar. Pilihan jawaban A salah karena keterangan tentang sosialisasi empat pilar MPR hanya ditemukan pada teks 1, sedangkan pada teks 2 tidak. Pilihan jawaban C dan D salah karena pembentukan karakter melalui bela negara dan menjaga persaudaraan hanya tercantum pada teks 2 saja. Pilihan jawaban E salah karena bahasannya melenceng keluar dari isi teks yang disajikan. 

Jawaban: B

LihatTutupKomentar