Latihan Soal Bahasa Indonesia (5) - Menemukan Kalimat Fakta, Kalimat Tidak Padu, dan Pernyataan yang Sesuai dengan Suatu Paragraf

Contoh dan pembahasan soal Bahasa Indonesia tentang Menemukan Kalimat Fakta, Kalimat Tidak Padu, dan Pernyataan yang Sesuai dengan Suatu Paragraf



Perhatikan paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5, 6, dan 7!

(1) Pada tahun 2005 novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata begitu menarik perhatian publik. (2) Novel ini mengisahkan kehidupan sepuluh anak dari keluarga miskin di Pulau Belitung. (3) Tiga tahun kemudian, film Laskar Pelangi dirilis dan tidak kalah sukses dengan novelnya. (4) Penonton dimanjakan dengan gambar-gambar alam Belitung yang menawan sebaga latar cerita. (5) Penduduk Belitung akrab sekali dengan kehidupan bahari.

(Adrianto dalam Nova No. 1436/ XXVIII hal.48 dengan pengubahan)

1. Kalimat yang berisi fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

2. Kalimat yang tidak padu adalah nomor ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

3. Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi teks di atas adalah …

A. Film Laskar pelangi lebih sukses daripada novel Laskar Pelangi

B. Novel Laskar Pelangi lebih sukses daripada film Laskar Pelangi

C. Penonton amat menyukai latar cerita pada Laskar Pelangi

D. Film Laskar Pelangi hadir setelah NovelLaskar Pelangi

E. Film Laskar Pelangi akhirnya dirilis oleh Andrea Hirata

Pembahasan

Soal Nomor 1

Ciri-ciri kalimat fakta, yaitu: (1) bersifat objektif, kalimat disajikan berdasarkan penalaran (logis); (2) dilengkapi data autentik berupa angka dan bukti tentang objek; (3) umumnya berisi jawaban atas pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana dan berapa; (4) acuan peristiwa terjadi pada masa lampau dan sekarang.

Frasa begitu menarik perhatian publik, tidak kalah sukses luar biasa, yang menawan, dan akrab sekali membuat kalimat (1), (3), (4), (5) bersifat tidak objektif dan kebenarannya menjadi relatif. Pilihan jawaban B (2) adalah kalimat fakta karena bersifat objektif.

Jawaban: B 

Soal Nomor 2

Kalimat tidak padu adalah kalimat yang menyimpang dari kalimat topik. Paragraf tersebut mengembangkan topik Laskar Pelangiyang begitu menarik perhatian publik. Pilihan jawaban E nomor (5), membahas hal berbeda, yaitu kehidupan penduduk Belitung. Kalimat nomor (5) tidak mendukung kalimat topik.

Kalimat topik pada paragraf tersebut adalah kalimat (1). Sementara itu, pada kalimat (2), (3), dan (4) terdapat kelompok kata yang mengembangkan topik, yaitu kata novel ini, kemudian, dan latar cerita. Dengan demikian, kalimat (2), (3), dan (4) mendukung kalimat topik sehingga berkait dan serasi.

Jawaban: E

Soal Nomor 3

Membaca pemahaman adalah kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang mendalam serta memahami apa yang dibaca. 

Kalimat (3), Tiga tahun kemudian, film Laskar Pelangi dirilis dan tak kalah sukses memiliki makna bahwa film dan novel sama-sama sukses. Tidak ada kepastian mana yang lebih sukses antara novel dan film. Dengan demikian, pilihan jawaban A dan B dan E salah karena Andrea Hirata bukan merilis film Laskah Pelangi melainkan menulis novelnya. Kata tiga tahun kemudian pada kalimat nomor (3) menunjukkan tahun 2008. Artinya, film tersebut lahir setelah novelnya terbit. Penjelasan tersebut membenarkan pernyataan pada pilihan jawaban D.

Jawaban: D



LihatTutupKomentar