Latihan Soal Bahasa Indonesia (4) - Menemukan Makna Kata dalam Suatu Paragraf

Contoh dan pembahasan soal Bahasa Indonesia tentang menentukan makna kata dalam suatu paragraf



Cermati paragraf berikut!

Penerapan perdagangan bebas di Indonesia masih perlu kita pertimbangkan lebih berhati-hati. Selama dampak negatif belum terukur, Indonesia tidak dapat berharap mendapatkan untung dari perdagangan bebas. Kerugian negara sangat besar jika kita salah langkah menerapkan perdagangan bebas.

(Diambil dari berbagai sumber, terutama Sinar Harapan, 17 Oktober 2012: Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Edisi Revisi 14 dengan pengubahan)

Kata perdagangan bebas dalam paragraf tersebut mengandung makna ....

A. perlombaan

B. persaingan

C. pertandingan

D. pertarungan

E. perjuangan

Pembahasan

Untuk menentukan makna kata dalam sebuah paragraf, seorang pembaca harus memiliki pengetahuan kosakata yang melingkupi berbagai aspek kehidupan, misalnya, teknologi, ekonomi, politik, sains, bahasa dan lain-lain. Ada kata yang memiliki bentuk yang sama, tetapi maknanya berbeda pada setiap bidang pengetahuan. Oleh karena itu, dalam menentukan makna kata, pembaca harus memperhatikan isi bacaan tersebut.

Perlombaan memiliki arti kegiatan mengadu keterampilan, ketangkasan, atau kepandaian dan biasanya digunakan untuk bidang keilmuan atau olahraga. Persaingan bisa diartikan usaha untuk mengungguli yang lain dalam suatu hal. Pertandingan memiliki arti menghadapkan dua pemain (regu).Kata ini biasa digunakan dalam bidang olahraga dan artinya adalah. Pertarungan memiliki arti bertempur atau berkelahi. Perjuangan berarti usaha yang penuh dengan kesukaran dan bahaya.

Pasar bebas adalah istilah yang biasa dipakai dalam bidang ekonomi. Bebas pada pasar bebas mengandung kebebasan bersaing atau persaingan.

Jawaban: B

LihatTutupKomentar