Latihan Soal Bahasa Indonesia (3) - Menemukan Ide Pokok dalam Suatu Paragraf

Cara menemukan ide pokok dalam suatu paragraf



Perhatikan paragraf berikut!

Terdapat tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang lebar. Pembuluh darah jenis ini menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. Darah pada pembuluh arteri berwarna merah cerah dan mengandung oksigen. Pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang sempit. Pembuluh darah jenis ini memiliki dinding yang tipis dan tidak elastis. Adapun pembuluh darah kapiler adalah pembuluh darah yang sangat kecil. 

(Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Edisi Revisi 14)

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....

A. jenis pembuluh darah

B. pembuluh darah yang sangat kecil

C. bentuk dan tugas pembuluh darah

D. penyalur darah ke seluruh tubuh 

E. pembuluh darah yang sempit

Pembahasan

Ide pokok adalah pokok persoalan atau pokok perbincangan dalam suatu paragraf. Dalam pembuatan paragraf, ide pokok yang dituangkan dalam kalimat topik dapat diletakkan pada bagian awal, akhir, awal dan akhir, tengah, atau dapat pula menyebar di seluruh bagian paragraf. Ide pokok merupakan penuntun dalam memahami isi karena di situlah inti informasi yang ingin disampaikan penulis.

Ide pokok paragraf pada soal tersebut adalah jenis pembuluh darah. Pernyataan tersebut termasuk gagasan utama karena merupakan pernyataan yang paling umum di antara pernyataan-pernyataan lain.

Pilihan jawaban C, D, dan E adalah pernyataan khusus yang termasuk dalam penjelasan jenis pembuluh darah. Pilihan jawaban B bukan ide pokok dan bukan juga kalimat khusus. Pilihan jawaban B tidak mewakili secara umum isi paragraf. Tidak semua jenis pembuluh pada paragraf tersebut dijelaskan bentuk dan tugasnya. 


Jawaban: A

LihatTutupKomentar