Latihan Soal Bahasa Indonesia (7) - Latihan Memahami Isi Bacaan

Latihan soal Bahasa Indonesia memahami isi bacaan


Perhatikan teks berikut

Soekarno, yang akrab dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar pada 6 Juni 1901. Dia anak seorang guru Sekolah Rakyat, Raden Soekami dan wanita Bali berdarah bangsawan, Ida Ayu Rai. Sebagai anak priyayi yang pandai, Soekarno dapat mencapai pendidikan tinggi dan lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di Bandung (sekarang ITB) pada 1925. Sebagai mahasiswa teknik, Soekarno terbilang pandai. Akan tetapi, ide-ide nasionalisme rupanya telah memikat dirinya. Tiga bulan setelah lulus, pada 1926 lelaki yang dikenal sebagai orator ulung ini menuliskan ide-ide politiknya di media massa dalam artikel yang berjudul “Nasionalisme, Islam, dan Marxisme”. Tulisan ini sangat menekankan ide persatuan antarkelompok yang kemudian menandai pemikiran politik Soekarno di sepanjang kariernya.

Sebagai Founding Father atau pendiri bangsa Indonesia, Bung Karno telah mengantarkan bangsa Indonesia kepada kemerdekaan. Dengan perjuangan yang tanpa pamrih, Bung Karno telah membangun tatanan keadilan untuk menyejahterakan rakyat Indonesia serta berhasil menyejajarkan Indonesia dengan negara lain. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang.

Hal yang dapat diteladani dari Bung Karno adalah ....

A. berjuang tanpa pamrih

B. menjadi orator ulung

C. menjadi presiden

D. bersekolah teknik

E. keturunan bangsawan

Apa yang dilakukan Bung Karno sebagai Founding Father?

A. Menjadi mahasiswa pandai di Sekolah Teknik Tinggi.

B. Menciptakan persatuan antarkelompok.

C. Menulis artikel “Nasionalisme, Islam, dan Marxisme”.

D. Memuatkan ide-ide politiknya di media massa.

E. Mengantarkan bangsa Indonesia kepada kemerdekaan.

Pembahasan

Soal Nomor 1

Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau wafat dan data-data pekerjaan seorang tokoh. Biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tertentu. Biografi menjelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga di dalam biografi. Teks biografi disusun oleh orang lain, bukan oleh diri sendiri.

Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru. Keteladanan Bung Karno adalah perjuangannya yang tanpa pamrih untuk kemerdekaan RI (A).

Sementara itu, pernyataan pada kalimat lain, yaitu menjadi orator ulung (B), menjadi presiden (C), bersekolah teknik (D), keturunan bangsawan (E) bukan suatu perilaku atau sifat.

Jawaban: A

Soal Nomor 2

Membaca pemahaman adalah kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang mendalam serta memahami tentang apa yang dibaca. Kalimat pertama paragraf ke-2 menyebutkan Sebagai Founding Father atau Bapak Bangsa Indonesia, Bung Karno telah mengantarkan bangsa Indonesia kepada kemerdekaan. Hal ini membenarkan pernyataan pada pilihan E. Kalimat pada pilihan lain, yaitu A, B, C, dan D, merupakan pengalaman-pengalaman Bung Karno sebelum menjadi Founding Father

Jawaban: E


LihatTutupKomentar